Welcome!

Share and discuss the latest in business, finance, accounting and tax

Sign up

You need to be registered to interact with the community.
Sarana untuk bertanya dan mendapatkan jawaban terkait perangkat dan layanan yang disediakan oleh SMART UMKM ID

Komunitas ini ditujukan bagi seluruh anggota yang telah bergabung di SMART UMKM ID untuk bertanya terkait perangkat, sistem dan layanan yang disediakan oleh SMART UMKM ID

Sebelum bertanya - pastikan untuk mencari pertanyaan serupa. Anda dapat mencari pertanyaan berdasarkan judul atau tag mereka. Juga diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan sendiri.

Harap hindari bertanya pertanyaan yang terlalu subjektif dan argumentatif atau tidak relevan dengan komunitas ini.

Anda sebaiknya hanya bertanya pertanyaan praktis yang dapat dijawab berdasarkan masalah nyata yang Anda hadapi. Pertanyaan yang bersifat ramah dan terbuka dapat mengurangi kegunaan situs ini dan mendorong pertanyaan lain keluar dari halaman depan.

Untuk mencegah pertanyaan Anda ditandai dan mungkin dihapus, hindari bertanya pertanyaan subjektif di mana ...

setiap jawaban sama validnya: "Apa ______ favorit Anda?"

jawaban Anda disertakan bersama pertanyaan, dan Anda mengharapkan lebih banyak jawaban: "Saya menggunakan ______ untuk ______, apa yang Anda gunakan?"

tidak ada masalah nyata yang perlu dipecahkan: "Saya penasaran apakah orang lain merasa seperti saya."

kita diminta pertanyaan terbuka, hipotetis: "Bagaimana jika ______ terjadi?"

itu adalah keluhan yang disamarkan sebagai pertanyaan: "______ buruk, benar kan?"

Jika Anda cocok dalam salah satu contoh ini atau jika motivasi Anda untuk bertanya adalah "Saya ingin berpartisipasi dalam diskusi tentang ______", maka Anda sebaiknya tidak bertanya di sini tetapi di milis kami. Namun, jika motivasi Anda adalah "Saya ingin orang lain menjelaskan ______ kepada saya", maka Anda mungkin baik-baik saja.

(Bagian di atas diadaptasi dari FAQ Stackoverflow.)

Lebih lanjut:

Jawaban tidak boleh menambah atau memperluas pertanyaan. Sebaliknya, sunting pertanyaan atau tambahkan komentar pertanyaan.

Jawaban tidak boleh mengomentari jawaban lain. Sebaliknya, tambahkan komentar pada jawaban lain.

Jawaban tidak boleh hanya menunjuk ke Pertanyaan lain. Sebaliknya, tambahkan komentar pertanyaan menunjukkan "Mungkin duplikat dari...". Namun, boleh menyertakan tautan ke pertanyaan atau jawaban lain yang memberikan informasi tambahan yang relevan.

Jawaban tidak boleh hanya memberikan tautan ke solusi. Sebaliknya, berikan deskripsi teks solusi dalam jawaban Anda, bahkan jika hanya salinan/paste. Tautan diterima, tetapi harus bersifat pelengkap untuk jawaban, merujuk sumber atau bacaan tambahan.

Jawaban tidak boleh menambah atau memperluas pertanyaan. Sebagai gantinya, entah mengedit pertanyaan atau menambahkan komentar.

Jawaban tidak boleh mengomentari jawaban lain. Sebagai gantinya, tambahkan komentar pada jawaban lain.

Jawaban tidak boleh hanya menunjuk ke pertanyaan lain. Sebagai gantinya, tambahkan komentar yang menunjukkan "Mungkin duplikat dari...". Namun, boleh menyertakan tautan ke pertanyaan atau jawaban lain yang memberikan informasi tambahan yang relevan.

Jawaban tidak boleh hanya memberikan tautan ke solusi. Sebagai gantinya, berikan deskripsi teks solusi dalam jawaban Anda, bahkan jika hanya salinan/paste. Tautan diterima, tetapi sebaiknya bersifat pelengkap untuk jawaban, merujuk sumber atau bacaan tambahan.

Jawaban tidak boleh memulai perdebatan. Komunitas Tanya Jawab ini bukan kelompok diskusi. Mohon hindari melakukan perdebatan dalam jawaban Anda karena hal tersebut cenderung mengurangi inti dari pertanyaan dan jawaban. Untuk diskusi singkat, gunakan fasilitas komentar.

Ketika sebuah pertanyaan atau jawaban mendapat suara atas, pengguna yang mempostingnya akan mendapatkan beberapa poin, yang disebut "karma points". Poin-poin ini berfungsi sebagai ukuran kasar kepercayaan komunitas terhadapnya. Berbagai tugas moderasi secara bertahap diberikan kepada pengguna berdasarkan poin-poin tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda mengajukan pertanyaan menarik atau memberikan jawaban yang membantu, kontribusi Anda akan mendapat suara atas. Sebaliknya, jika jawabannya menyesatkan - akan mendapat suara bawah. Setiap suara yang mendukung akan menghasilkan 10 poin, setiap suara menentang akan mengurangi 2 poin. Ada batasan 200 poin yang dapat dikumpulkan untuk sebuah pertanyaan atau jawaban per hari. Tabel yang diberikan di akhir menjelaskan persyaratan poin reputasi untuk setiap jenis tugas moderasi.

Tujuan dari situs ini adalah menciptakan basis pengetahuan yang relevan yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait Smart UMKM ID.

Oleh karena itu, pertanyaan dan jawaban dapat diedit seperti halaman wiki oleh pengguna berpengalaman dari situs ini untuk meningkatkan kualitas keseluruhan konten basis pengetahuan. Hak istimewa tersebut diberikan berdasarkan level karma pengguna: Anda akan dapat melakukan hal yang sama ketika karma Anda sudah cukup tinggi.

Jika pendekatan ini tidak sesuai dengan Anda, mohon menghormati komunitas.